KLIK DAFTAR & LOGIN SCATTER78

Festival Mesiwah Pare Gumboh Tampilkan Kebudayaan Dayak Deah

 

Paringin, RB – Gelaran festival Mesiwah Pare Gumboh kelima yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2023 di Desa Liyu Kecamatan Halong akan diisi berbagai kegiatan budaya dan tradisi masyarakat dayak Deah.

Ketua Panitia, Megi Raya Suseno menyampaikan, festival Mesiwah Pare Gumboh kali ini akan lebih meriah dengan diisi berbagai rangkaian kegiatan yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Dayak Deah.

Selain rangkaian ritual Mesiwah Pare Gumboh, kata Megi, juga akan ada arak-arakan “nyerah ngemonta” di mana masyarakat membawa hasil panen ke balai adat sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur.

“Pesta ini juga menampilkan atraksi dan tari mandi api, yang merupakan bagian integral dari budaya Dayak Deah,” ujar Megi yang juga merupakan Ketua Pokdarwis Rano Liyu ini.

Selain itu, lanjut Megi, para pengunjung juga akan disuguhkan pertunjukan musik yang berjudul Suara dari Jantung Borneo yang menampilkan musisi Dayak terkenal, Uyau Moris dan Daniel Nuhan.

“Pertunjukan musik bertajuk Liyukustik akan kita gelar di tengah hamparan keindahan alam dan keunikan musik tradisional Dayak,” bebernya.

Lebih jauh, Megi mengungkapkan, salah satu daya tarik utama acara ini adalah Parade Tarian Tradisional yang akan dibawakan oleh berbagai sanggar dari Kabupaten Balangan dan dari wilayah lain.

Selain itu, terdapat juga aneka permainan tradisional yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, seperti Sumpit, Bagasing, dan Balogo.

Permainan-permainan ini menjadi sarana untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya yang berharga.

“Mesiwah Pare Gumboh momen yang istimewa bagi masyarakat Dayak Deah untuk bersatu, merayakan hasil panen, dan menjaga warisan budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi,” bebenya.

Untuk diketahui, Mesiwah Pare Gumboh adalah sebuah pesta syukuran panen yang diadakan oleh masyarakat Dayak Deah di Desa Liyu, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Mesiwah Pare Gumboh ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Ristek RI. Lalu Pada tahun 2023, acara ini menjadi penyelenggaraan ke-5 dan berhasil terpilih sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

0 Response to "Festival Mesiwah Pare Gumboh Tampilkan Kebudayaan Dayak Deah"

Posting Komentar